3 Cara Membersihkan Sendiri Kotoran Telinga, tapi Sebaiknya ke Dokter THT

- 19 Maret 2021, 19:19 WIB
Ilustrasi telinga.
Ilustrasi telinga. /Pixabay

AGROMEDIS - Kotoran telinga atau dalam bahasa medis disebut serumen obsturan diproduksi oleh kelenjar serumenosa dan sebasea pada kanalis akustikus eksterna telinga.

Serumen ini dapat menyebabkan adanya gangguan pendengaran ketika buntu atau membatu/menumpuk di akustikus eksterna eksterna telinga.

Dokter ahli THT Fakultas Kedokteran Universitas Jember dr. Nindya Shinta Rumastika, M.Ked., Sp.THT-KL mengatakan, telinga sebaiknya dibersihkan ke dokter THT maksimal setiap 6 bulan sekali.

Tetapi, kata dia, agar lebih aman disarankan untuk membersihkannya 2 sampai 3 bulan sekali. Selain membersihkan ke dokter THT, telinga juga bisa dibersihkan sendiri dengan beberapa catatan yang harus diperhatikan.

Baca Juga: 6 Tanaman Rempah yang Berkhasiat Bagi Kesehatan, Mulai dari Kunyit hingga Kayu Manis

Baca Juga: Operasi Lasik pada Mata Minus dan Tips untuk Menjaga Mata Tetap Sehat

Pertama, jika pada anak-anak sebaiknya dibantu oleh orang tua dan tidak membersihkannya sendiri.

Kedua, pada saat penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga, usahakan bisa melihat bagian liang telinga, menggunakan ukuran yang kecil, menggerakkan cotton bud satu arah, yaitu keluar supaya bisa mengait kotoran telinga.

Yang terakhir, bagi orang dewasa juga bisa melakukan hal tersebut secara mandiri dan lebih aman dengan dibantu orang lain.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X