Tidak Harus Berjemur Setiap Hari, Ini 5 Cara Mudah Dapatkan Asupan Vitamin D

- 9 Maret 2021, 21:23 WIB
Ilustrasi ikan laut.
Ilustrasi ikan laut. /Pixabay.com
 
AGROMEDIS - Vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk banyak proses vital seperti metabolisme, dan membangun serta memelihara tulang yang kuat dengan meningkatkan penyerapan usus kalsium.
 
Sebagian besar vitamin D biasanya dimanfaatkan melalui sinar matahari, namun seiring dengan meningkatnya kekhawatiran paparan sinar matahari yang berlebihan dan risiko terkait kanker kulit, alternatif lain dalam mendapatkan vitamin D adalah dengan makanan dan suplemen.
 
Sebagaimana dilansir laman Asiaone, berikut ini 5 cara mudah untuk mendapatkan asupan vitamin D tanpa harus berjemur setiap hari.
 
1. Makan ikan atau makanan laut yang berlemak
 
Ikan atau makanan laut yang berlemak dalah salah satu sumber makanan alami vitamin D terkaya. 
 
 
Kandungan vitamin D yang tepat dalam makanan laut bervariasi sesuai dengan spesies yang berbeda, tetapi ikan dan makanan laut umumnya dianggap kaya akan vitamin D termasuk tuna, makarel, tiram, udang, sarden dan ikan teri.
 
Selain tinggi vitamin D, ikan berlemak juga tinggi protein, asam lemak omega-3 dan kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan.
 
2. Makan jamur
 
Jamur adalah satu-satunya sumber vitamin D vegetarian alami, dan seperti manusia, mereka juga membuat vitamin D sendiri dengan paparan sinar UV dari matahari.
 
Seperti halnya ikan atau makanan laut lainnya, kandungan vitamin D tergantung pada jenis jamurnya. jamur liar biasanya memiliki lebih banyak vitamin D daripada jenis yang ditanam secara komersial. 
 
Misalnya, jamur maitake liar memiliki kandung sebanyak 300 persen RDI RDI (asupan harian yang diperlukan) vitamin D dari porsi 100g.
 
 
3. Makan kuning telur
 
Kuning telur banyak mengandung vitamin D, seng dan selenium, yang semuanya berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
Satu kuning telur mengandung sekitar 10% vitamin D RDI. Jumlah ini juga bergantung pada bagaimana ayam diternak dan kualitas pakannya. Biji-bijian yang diperkaya vitamin-D dapat menghasilkan kuning telur yang mengandung 100 persen dari RDI.
 
4. Makan makanan yang diperkaya vitamin D
 
Beberapa makanan yang diperkaya vitamin-D umumnya termasuk susu, jus jeruk, atau alternatif susu nabati seperti kedelai dan susu almond, serta tahu. Yogurt dan sereal biasanyajuga diperkaya vitamin D.
 
5. Mengonsumsi suplemen
 
Selain makan makanan yang mengandung vitamin D dan berjemur, untuk mendapat asupan vitamin D paling mudah adalah dengan mengonsumsi suplemen.
 
 
Suplemen vitamin D terdiri dua bentuk yaitu D2 yang dipanen dari ragi atau jamur yang telah terkena sinar UV, dan D3, yang berasal dari minyak ikan.
 
D3 umumnya diyakini lebih efektif dalam meningkatkan dan memelihara kadar vitamin D secara keseluruhan daripada D2.***

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Asiaone


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X