Rajin Berolahraga Meskipun Saat Bekerja Bisa Mengurangi Risiko Penyakit

- 27 Februari 2021, 18:55 WIB
Ilustrasi pusat kebugaran.
Ilustrasi pusat kebugaran. /PEXELS/William Choquette

AGROMEDIS - Semua orang membutuhkan olahraga untuk mendapatkan manfaat baik bagi kebugaran tubuh.

Meski demikian, tidak sedikit juga yang masih kesulitan menyempatkan waktu untuk berolahraga di sela kesibukannya. Terutama bagi orang yang terlalu sibuk bekerja.

Melansir dari laman P2PTM Kemenkes RI, menyempatkan berolahraga di kantor dapat memberikan manfaat langsung pada tubuh.

Dalam sebuah studi di Inggris, dikatakan pegawai yang punya akses dan memanfaatkan sasana kebugaran (gym) yang disediakan perusahaan, akan lebih produktif, dan pulang dengan perasaan lebih puas pada hari-hari ketika mereka berolahraga di jam kerja.

Baca Juga: 5 Makanan Pahit yang Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

Studi lainnya menunjukkan bahwa berolahraga pada jam kerja bisa lebih baik daripada berlatih di gym sebelum atau sesudah ngantor. Misalnya dengan melakukan 1 sesi olahraga ringan selama 15 menit.

Peter Antonio, pelatih pribadi, instruktur kebugaran, dan ahli gizi di University of Birmingham Sport, cabang kebugaran fisik dari universitas Inggris tersebut, menyebut waktu istirahat makan siang sebagai "kesempatan emas" untuk berolahraga.

Antonio menambahkan bahwa klien yang berolahraga di siang hari mendapati diri mereka menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan lebih jarang sakit.

Selain itu, olahraga bagus untuk kesehatan mental, memberikan kesempatan untuk membebaskan diri dari stres akibat gelombang rapat dan email setiap hari.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X