Diapers Rash atau Ruam Popok Pada Bayi, Ini Cara Mengatasi dan Menghindarinya

- 22 Februari 2021, 06:07 WIB
Ilustrasi bayi.
Ilustrasi bayi. /Pixabay

AGROMEDIS - Sebagian besar bayi yang memakai popok, pasti pernah mengalami ruam popok. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan bayi dan menyebabkan bayi menjadi rewel.

Diapers rash atau ruam popok adalah kondisi kemerahan pada kulit bayi di daerah pantat, lipat paha, dan kelamin karena iritasi dan peradangan kulit akibat penggunaan popok.

Dokter Benedictus Gebyar Tri Baskoro, Sp.A., sebagai dokter spesialis anak mengatakan, ruam popok ini bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Umumnya, kata dia, akibat paparan urin dan tinja yang terkumpul di popok karena penggunaan popok yang terlalu lama. Juga akibat alergi pada bahan popok, karena tak semua bayi cocok dengan semua jenis popok.

Baca Juga: Varises, Ketahui Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya, Berisiko pada Orang yang Banyak Duduk atau Berdiri

Selain itu, lanjut Gebyar, ruam popok bisa juga terjadi akibat popok terlalu ketat, infeksi bakteri atau jamur, atau akibat fermentasi laktosa pada diare.

Menurut dia, hal penting yang harus diketahui orang tua adalah gejala apa saja yang ditimbulkan ketika bayi mengalami ruam popok, sehingga bisa segera mengatasinya.

"Gejala utama ruam popok yang bisa dengan mudah dikenali adalah tampak kemerahan pada kulit di area popok yaitu bokong dan sekitar alat kelamin," katanya.

Kadang-kadang kulit bayi terasa hangat, bengkak, dan bisa tumbuh luka atau menggelembung.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X