Pertolongan Pertama Tersedak yang Harus Diketahui, Ada yang Disebabkan Benda Organik dan Non Organik

- 19 Februari 2021, 23:01 WIB
Ilustrasi rambutan, buah yang kerap menyebabkan tersedak. /FREEPIK/Suksao

AGROMEDIS - Tersedak merupakan masuknya benda asing pada jalur pernafasan. Tersedak termasuk keadaan darurat di bidang THT (telinga, hidung, dan tenggorokan) yang harus segera ditangani.

Benda asing yang masuk ini terdiri dari 2 jenis, yaitu organik dan non organik. Benda asing organik, misalnya kacang atau rambutan. Sedangkan non organik, misalnya, jarum pentul atau koin.

Dokter Nindya Shinta Rumastika, M.Ked., Sp.THT-KL., yang merupakan ahli THT Fakultas Kedokteran Universitas Jember mengatakan, benda asing organik bersifat higroskopis sehingga bisa menyebabkan obstruksi atau sumbatan.

Baca Juga: Ini Alasan Minum Obat Harus Sebelum atau Setelah Makan, Jangan Diminum Sembarangan

Nindya menerangkan, obstruksi ini juga terbagi menjadi 2 bagian, yaitu total dan parsial. Obstruksi atau sumbatan jalan nafas secara total inilah yang membutuhkan penanganan darurat sesegera mungkin.

Biasanya benda asing yang masuk bentuknya besar seperti koin, dan penanganan darurat yang dilakukan adalah heimlich maneuver.

Sumbatan total, kata dia, terjadi ketika seseorang memakan permen atau rambutan kemudian secara tidak sengaja tertelan, masuk ke trakhea lalu mengalami kondisi sianosis dan henti nafas.

"Yang dimaksud sianosis yaitu kondisi ketika jari tangan, kuku, dan bibir tampak membiru karena kurangnya oksigen dalam darah," ujarnya.

Baca Juga: Kudis atau Scabies, Penyakit yang Hanya Ada di Pesantren, Benarkah?

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X