Kanker Prostat, Ketahui Penyebab, Gejala, dan Pencegahannya

- 15 Februari 2021, 05:38 WIB
Ilustrasi kanker.
Ilustrasi kanker. /Ilustrasi Kanker/Pixabay

AGROMEDIS - Kanker prostat adalah kanker yang mengenai organ prostat. Pembesaran prostat sendiri terbagi menjadi 2 macam, yaitu pembesaran benign atau jinak dan pembesaran malignant atau ganas.

Kanker prostat termasuk pembesaran prostat yang sifatnya ganas. Ganas artinya pembesaran atau progresifnya cepat dan bisa menjalar ke tempat lain atau metastase, misalnya tulang atau paru-paru.

Ahli urologi Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Septa Surya Wahyudi, Sp.U., menjelaskan penyebab dari kanker prostat hampir sama dengan kanker lainnya, yaitu banyak faktor.

Baca Juga: Bukan Hanya Diare, Saat Banjir Waspadai Juga Penyakit Leptospirosis

Faktor yang pertama adalah faktor genetik atau keturunan, yang berikutnya adalah faktor pola hidup atau diet. Diet yang tinggi misalnya dengan daging merah dan lemak hewani.

Selain itu faktor lainnya adalah hormonal yang dapat pula dipicu karena penggunaan hormon androgen terutama testosteron, faktor yang lain adalah adanya infeksi berulang dan pengaruh ras atau lingkungan (bangsa afro-amerika berkulit hitam lebih banyak dibandingkan berkulit putih).

Gejala yang ditimbulkan oleh kanker prostat, hampir sama dengan pembesaran prostat jinak. Keluhannya adalah sering kencing, kencing terasa tidak tuntas, menetes diakhir kencing.

Baca Juga: Bahaya Makanan Berformalin, Jika Dikonsumsi dalam Jangka Panjang Bisa Sebabkan Kanker

Yang lebih berat lagi hingga tidak bisa kencing sama sekali atau kencing keluar darah. Adakalanya pasien juga datang karena keluhan penyebarannya, paling sering pada tulang.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X