Nyeri Ulu Hati, Salah Satu Disebabkan Sembarangan Minum Obat Anti Nyeri

- 15 Februari 2021, 05:51 WIB
Ilustrasi nyeri ulu hati. /Pixabay.com/nastya_gepp

AGROMEDIS – Sebagian orang mungkin pernah merasakan nyeri yang terasa pedih, kembung, sebah, mual, nyeri seperti dipuntir, ditusuk, diremas, terasa panas, atau terbakar. Nyeri ini dinamakan nyeri ulu hati.

Nyeri ulu hati ini letaknya diatas lambung, tepatnya diantara pertemuan tulang iga kanan dan kiri. Area kosong ini yang disebut sebagai ulu hati. Nyeri ini penyebabnya berbagai macam.

Dokter ahli penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Ali Santosa, Sp.PD mengatakan bahwa nyeri ulu hati mayoritas disebabkan oleh gangguan lambung akibat asam lambung.

Baca Juga: Bukan Hanya Diare, Saat Banjir Waspadai Juga Penyakit Leptospirosis

“Orang dengan gangguan lambung bisa merasakan nyeri ulu hati karena di lambung terdapat luka-luka kecil atau radang yang seperti goresan. Ketika asam lambung naik, akan terasa nyeri yang sangat kuat akibat luka lambung yang terkena asam.

Ada orang yang hanya merasakan nyeri saja, ada juga yang disertai dengan mual dan muntah. Dalam dunia kedokteran nyeri ulu hati ini dikenal dengan nama Dispepsia,” tuturnya.

Penyebab lain dari nyeri ulu hati adalah infeksi pada kantung empedu atau infeksi karena batu empedu, penyumbatan pembuluh darah jantung, radang pada pankreas, radang pada hati, dan hepatitis. Namun, yang paling sering adalah karena asam lambung.

Petani, umunya masih bekerja meskipun sudah berusia lanjut, sehingga terkadang mengalami pegal linu. Karena itu, biasanya mereka mencari obat pegal linu, baik jamu herbal, kapsul pegal linu, atau obat ramuan china.

Baca Juga: Bahaya Makanan Berformalin, Jika Dikonsumsi dalam Jangka Panjang Bisa Sebabkan Kanker

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X