Pertolongan Pertama pada Luka Bakar, Lakukan Langkah-Langkah Ini

- 9 Februari 2021, 12:26 WIB
Api menjadi salah satu penyebab luka bakar.
Api menjadi salah satu penyebab luka bakar. /Pixabay.com

AGROMEDIS – Luka bakar adalah salah satu bentuk trauma yang dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan tubuh. Terutama, pada lapisan kulit bagian atas, kulit, otot, bahkan bisa sampai mengenai lapisan tulang.

Penyebab luka bakar ada berbagai macam. Mulai dari api, bahan kimia, aliran listrik, dan suhu yang sangat rendah atau disebut Frostbite.

Saat terjadi luka bakar, tubuh akan melakukan sebuah mekanisme respon karena adanya kerusakan jaringan. Tubuh akan berusaha melindungi supaya tubuh tidak bertambah rusak.

Baca Juga: Makan Buah dengan Bijinya Bisa Sebabkan Usus Buntu? Ini Faktanya

Dokter Ulfa Elfiah, M.Kes.,Sp.BP-RE (K), dosen pengampu mata kuliah anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej), mengatakan, ciri-ciri luka bakar bermacam-macam. Sebab, tergantung pada tingginya suhu dan lamanya kontak benda panas tersebut dengan tubuh.

“Semakin lama tubuh kontak dengan benda panas, maka kerusakan jaringan akan semakin parah. Luka bakar ringan disebut dengan luka bakar derajat 1," ungkap Ulfa.

Biasanya, kata dia, timbul perubahan warna kulit dari kemerahan sampai agak sedikit gelap. Contohnya adalah karena panas terkena sinar matahari yang cukup menyengat.

Baca Juga: Osteoarthritis atau Radang Sendi, Kenali Jenis, Pengobatan, dan Pencegahannya

"Bagian kulit yang tertutup pakaian akan tampak putih sedangan yang tidak tertutup akan tampak lebih gelap,” katanya.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X