Penting! Ini Tips Menjaga Kesehatan Jiwa di Masa Pandemi dan Banyak Bencana

- 4 Februari 2021, 06:04 WIB
Ilustrasi gangguan kecemasan. /Pixabay/1388843

AGROMEDIS – Pandemi Covid-19 dan bencana alam membuat banyak orang yang terdampak langsung mengalami ujian psikis luar biasa.

Orang kehilangan pekerjaan. Ekonomi terpuruk. Belum lagi jika ada anggota keluarga yang positif, atau meninggal karena Covid-19.

Demikian pula dengan bencana alam. Yang membuat korbannya kehilangan harta, bahkan anggota keluarga.

Di masa penuh ujian itu, menjaga kesehatan jiwa amat penting. Sehat jiwa, menurut WHO, berarti secara fisik dan mental bisa menerima kondisi saat ini dan mampu memanage diri sendiri.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tetap Tinggi, Pemerintah Izinkan Seluruh RS Layani Pasien Covid-19

Ia bisa menerima sesuatu yang baik. Apabila ada yang buruk, maka bisa mengatasi masalah tersebut.

Dokter Evy Justina Tyaswati, Sp.KJ, psikiater Fakultas Universitas Jember (FK Unej) - RSD dr. Soebandi Jember mengatakan, jiwa terdiri dari perasaan, pikiran, dan perilaku.

Maka, penting untuk mengetahui perasaan diri sendiri. Seperti, apakah hari ini merasa senang, merasa cemas atau sedih, lalu berusaha merefleksikan perasaan dengan pikiran yang ada.

“Dengan begitu kita akan tahu sumber masalah atau sumber perasaan yang tidak nyaman. Seperti contoh, ketika tidak nyaman dengan seseorang, kita akan tahu bagaimana cara menghadapinya, apa yang ia lakukan, dan apa yang kita persepsikan. Berlanjut dengan mencari solusi atas perasaan tidak nyaman itu,” katanya.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X