• Rabu, 22 September 2021

Tips Menangani Gerakan Tutup Mulut atau GTM, Masalah Umum pada Balita

- Senin, 10 Mei 2021 | 05:57 WIB
Ilustrasi balita atau bayi makan.
Ilustrasi balita atau bayi makan.

AGROMEDIS - Gerakan tutup mulut (GTM) pada bayi atau balita merupakan suatu masalah yang disebabkan oleh berbagai macam penyebab berbeda.

Kondisi ini merupakan salah satu fase pada anak dan tentu pernah dialami oleh semua ibu.

Dalam mengatasi kondisi GTM, hal pertama yang perlu dipahami oleh para ibu adalah feeding rules atau aturan memberi makan pada anak yang meliputi menerapkan makan terjadwal, memberi minum diantara makan dan camilan serta menerapkan lama waktu makan.

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Pertumbuhan dan Pemantauan Status Gizi Seimbang Pada Anak Bagi Orang Tua

Disampaikan oleh dokter ahli ilmu kesehatan masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Dwita Aryadina Rachmawati, M.Kes bahwa setelah menerapkan aturan tersebut dengan baik, maka akan lebih mudah untuk mencari tahu penyebab dari GTM yang dialami oleh anak.

"Jika feeding rules sudah dilaksanakan dengan cukup baik tetapi anak mengalami GTM, ini bisa jadi karena anak sedang dalam fase tumbuh gigi,

"Atau jika feeding rules tidak ditepati seperti tidak memberi jeda antara makan dan minum ASI maka otomatis sepanjang hari anak akan merasa kenyang.

"Pada kondisi ini GTM terjadi karena anak memang sudah kenyang," tuturnya sebagai narasumber dalam webinar kesehatan oleh Kelompok Riset (Keris) Lifestyle Medicine FK Unej pada Sabtu, 1 Mei 2021.

Baca Juga: Mengetahui Status Gizi dan Berat Badan Normal Anak Melalui Indeks dan Kurva Pertumbuhan WHO

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

9 Cara Atasi Asam Lambung Sebelum Konsumsi Obat

Senin, 8 Maret 2021 | 10:08 WIB
X