• Rabu, 22 September 2021

5 Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh, Salah Satunya Mencegah Kanker

- Senin, 15 Maret 2021 | 23:28 WIB
Ilustrasi teh hijau yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Ilustrasi teh hijau yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

AGROMEDIS - Teh hijau, yang berasal dari China dan India, telah dikonsumsi dan banyak dipuji karena manfaat kesehatannya selama berabad-abad secara mendunia.

Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air. Namun, 78 persen teh yang dikonsumsi di seluruh dunia berwarna hitam dan hanya sekitar 20 persen yang berwarna hijau.

Sebagaimana dilasir laman Medical News Today, teh hijau terbuat dari daun yang tidak teroksidasi dan merupakan salah satu jenis teh yang diproses secara singkat. Oleh karena itu mengandung antioksidan paling banyak dan polifenol yang bermanfaat.

Teh hijau yang telah digunakan sebagai pengobatan tradisional di China dan India memiliki beberapa manfaat diantaranya untuk mengontrol pendarahan dan menyembuhkan luka, membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung dan mental, dan mengatur suhu tubuh.

Baca Juga: Mobile Clinic Agromedicine Bersama TBM Vertex Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir

Tidak hanya itu, beberapa penelitian telah menemukan manfaaat lain dari teh hijau ini, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mencegah kanker

Menurut National Cancer Institute, polifenol dalam teh telah terbukti mengurangi pertumbuhan tumor dalam laboratorium dan studi pada hewan serta dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UVB ultraviolet.

Beberapa penelitian juga menunjukkan dampak positif teh hijau pada jenis kanker lain yaitu kanker payudara, kandung kemih, ovarium, kolorektal (usus), kerongkongan (tenggorokan), paru, prostat, kulit dan perut.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

9 Cara Atasi Asam Lambung Sebelum Konsumsi Obat

Senin, 8 Maret 2021 | 10:08 WIB
X