• Rabu, 22 September 2021

Ini Alasan Minum Obat Harus Sebelum atau Setelah Makan, Jangan Diminum Sembarangan

- Rabu, 17 Februari 2021 | 17:18 WIB
Ilustrasi obat.
Ilustrasi obat.

AGROMEDIS – Setiap menerima resep obat dari dokter, pasti terdapat pesan khusus mengenai kapan obat harus diminum. Ada yang dianjurkan sebelum makan atau setelah makan.

Anjuran itu bukan tanpa alasan. Hal itu terkait adanya pengaruh antara obat yang diminum dengan makanan maupun minuman. Ada efek baik dan efek buruk yang timbulkan dari makanan atau minuman pada obat tersebut.

Dokter Elly Nurus Sakinah, M.Si., dosen mata kuliah farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Jember mengatakan, bisa jadi obat yang diminum bersama makanan tertentu akan memengaruhi efektivitas dari obat tersebut.

Baca Juga: Kudis atau Scabies, Penyakit yang Hanya Ada di Pesantren, Benarkah?

“Misalnya ketika obat anti nyeri yang diberikan seharusnya diminum sesudah makan, namun pasien meminumnya sebelum makan, maka akan meningkatkan resiko efek samping iritasi lambung dari obat nyeri.

"Seringkali juga ditemui obat yang diminum bersamaan dengan teh oleh pasien. Teh mengandung zat-zat yang bisa mengikat bagian dari obat yang bisa mengganggu atau mengurangi penyerapan obat tersebut.

"Sehingga apabila penyerapan obat tidak maksimal, efek dari obat bagi tubuh juga menjadi tidak baik. Demikian juga dengan susu. Susu mengganggu penyerapan antibiotik, jadi sebaiknya ketika minum obat antibiotik tidak bersamaan dengan susu,” katanya.

Baca Juga: Tidak Semua Buah Baik untuk Penderita Diabetes, Ini Buah yang Direkomendasikan Aman

Obat diminum sesudah makan tujuannya adalah untuk mengurangi efek samping terhadap gangguan lambung. Sedangkan obat yang diminum sebelum makan tujuannya untuk mengurangi interaksi asam lambung yang merusak penyerapan obat.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

9 Cara Atasi Asam Lambung Sebelum Konsumsi Obat

Senin, 8 Maret 2021 | 10:08 WIB
X