• Rabu, 22 September 2021

Kudis atau Scabies, Penyakit yang Hanya Ada di Pesantren, Benarkah?

- Rabu, 17 Februari 2021 | 16:49 WIB
ILUSTRASI tungau atau kutu penyebab scabies.
ILUSTRASI tungau atau kutu penyebab scabies.

AGROMEDIS - Kudis atau yang dalam dunia kedokteran disebut dengan scabies adalah penyakit yang disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabiei. Penyakit kulit ini dapat menular dan menimbulkan ruam kemerahan disertai rasa gatal.

Masyarakat seringkali mengaitkan penyakit ini pada orang-orang yang menjadi santri di pondok pesantren. Bahkan, ada stigma yang mengatakan bahwa jika ada yang belum terkena kudis berarti belum pernah jadi santri.

Terkait hal ini, dr. Bagus Hermansyah, M.Biomed, ahli parasitologi, mengatakan, kasus penyakit kudisan ini memang banyak terjadi di pondok pesantren, asrama, atau tempat tinggal yang padat.

Baca Juga: Tidak Semua Buah Baik untuk Penderita Diabetes, Ini Buah yang Direkomendasikan Aman

Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan juga didapati di tempat lain yang memiliki karakteristik serupa, yaitu ruangan yang padat orang, kelembaban ruangan karena ventilasi yang kurang, dan saling meminjam pakaian atau peralatan lain.

"Sehingga, stigma negatif tersebut tidak sepenuhnya benar," kata Bagus.

Penyakit kudis ini, kata dia, penularannya melalui kontak. Baik melalui sentuhan, penggunaan pakaian secara bergantian, alat mandi, atau tempat tidur yang berdesakan.

Di pesantren, aku dia, memang secara higenitas ada yang masih kurang bagus. Misalnya, ruangan tidur yang diisi terlalu banyak orang atau bak mandi yang digunakan bersama-sama.

Baca Juga: Bahaya Infeksi Tulang dan Sendi, Segera Periksakan Luka agar Tidak Jadi Penyakit Serius

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

9 Cara Atasi Asam Lambung Sebelum Konsumsi Obat

Senin, 8 Maret 2021 | 10:08 WIB
X