• Sabtu, 4 Desember 2021

Tips dan Trik Menjaga Mata Tetap Sehat Saat di Depan Layar Selama Pandemi

- Senin, 22 November 2021 | 10:05 WIB

Bisa dikatakan, laptop dan komputer (PC) sudah tidak menjadi barang yang begitu mewah saat ini. Berbagai macam aplikasi yang ditawarkan dalam laptop dan PC tentu semakin membuat banyak orang ingin memilikinya. Beberapa contoh platform sederhana yang ditawarkan adalah microsoft word untuk mahasiswa dan pegawai, game online untuk kalangan remaja, dan pesan online yang bisa digunakan siapa saja. Pergaulan zaman ini pun juga mengajak anak-anak dan remaja untuk menggunakan media komunikasi seperti laptop dan PC.

Di masa pandemi seperti ini, penggunaaan laptop dan PC menjadi sebuah solusi yang dapat digunakan untuk menghindari rantai penyebaran COVID-19. Namun, meski begitu, penggunaan alat elektronik secara berlebihan dan tidak bijak berpotensi mengganggu kesehatan mata yang dapat berdampak negatif pada masa depan orang yang bersangkutan.

Salah satu konsep yang menjadi pegangan dalam dunia medis adalah “Pencegahan itu lebih baik daripada pengobatan”. Konsep ini juga berlaku pula untuk kesehatan mata. Menjaga mata agar selalu tetap dalam kondisi sehat dan prima jauh lebih baik daripada mengobatinya ketika sudah mengalami gangguan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata menjadi suatu hal yang cukup penting bagi semua orang.

Berikut merupakan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga mata agar selalu dalam keadaan sehat saat berhadapan dengan monitor :

1. Gunakan formula 20-20-20
Salah satu hal kurang bijak yang umum dilakukan masyarakat adalah menggunakan laptop tersebut tanpa jeda waktu istirahat yang jelas. Maka dari itu, pengguna laptop bisa melakukan formula 20-20-20 ini yang ditujukan untuk memberi mata waktu istirahat sementara dari melihat layar. Formula ini dilakukan dengan “setiap 20 menit, istirahat 20 detik dan melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki. Dengan begitu, mata dapat memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum melakukan aktivitas kembali.

2. Perbanyak berkedip
Banyak orang yang mengalami kekeringan mata akibat jarang berkedip ketika berada di depan komputer. Padahal, berkedip dapat menghasilkan air mata yang melembabkan dan menyegarkan mata. Cobalah untuk lebih sering berkedip ketika berada di depan layar.

3. Posisikan monitor dengan tepat
Pastikan monitor yang digunakan berada tepat di depan kurang lebih sejauh satu lengan sampai kira-kira bagian atas layar berada pada ketinggian mata atau tepat di bawahnya. Hal ini bisa disesuaikan juga dengan kursi yang digunakan.

4. Sesuaikan pengaturan layar laptop
Sesuaikan tingkat kontras dan pencahayaan ke tingkat yang nyaman. Jangan terlalu terang atau gelap. Apabila perlu, perbesar jenis fontnya agar lebih mudah untuk dibaca.

5. Sering-sering beristirahat
Apabila penggunaan laptop sudah dilakukan selama 2 jam, istirahatlah selama 15 menit sembari melakukan aktivitas lain seperti memasak nasi dan membuat teh. Hal ini bertujuan agar mata memiliki lebih banyak waktu untuk istirahat.

Halaman:

Editor: Ahmad Kodri Riyandoko

Terkini

X