• Rabu, 22 September 2021

Mengenal 5 Jenis Sindrom Impostor, Salah Satunya The Perfectionist

- Selasa, 18 Mei 2021 | 05:25 WIB
Ilustrasi sindrom impostor.
Ilustrasi sindrom impostor.

AGROMEDIS - Sindrom impostor adalah sebuah kondisi dimana seseorang menganggap dirinya tidak kompeten seperti layaknya orang lain.

Definisi ini umumnya dikaitkan dengan kecerdasan dan prestasi seseorang, serta mereka yang memiliki sifat sebagai perfeksionisme dan konteks sosial lainnya.

Sindrom impostor dapat memengaruhi siapa saja terlepas dari pekerjaan atau status sosial, tetapi individu berprestasi tinggi sering mengalaminya.

Baca Juga: Tips Mudah untuk Menghindarkan Anak dari Konsumsi Makanan Cepat Saji

Sindrom ini pertama kali digambarkan oleh psikolog pada tahun 1978 dan menurut sebuah ulasan dari sumber terpercaya tahun 2020 sebanyak 9-82% orang mengalami sindrom ini.

Mengutip laman Medical News Today, seseorang dengan sindrom impostor memiliki gejala meragukan diri sendiri, takut jati dirinya terungkap, dan kesulitan menginternalisasi keberhasilan mereka.

Selain itu, memiliki rasa ragu pada diri sendiri dapat membantu seseorang menilai prestasi dan kemampuan mereka, tetapi terlalu banyak meragukan diri juga dapat berdampak buruk pada citra diri seseorang dan memengaruhi aspek kehidupannya.

Baca Juga: Tips Tetap Sehat Selama Idul Fitri, Salah Satunya Kontrol Porsi Makan

Sindrom ini dapat memengaruhi kesehatan mental karena adanya ketakutan-ketakutan atau ketidakpercayaan diri yang berlebih.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

X