5 Tanda Kekurangan Vitamin B12, Salah Satunya Tubuh Lemah dan Kelelahan

- 18 Mei 2021, 05:33 WIB
Ilustrasi susu sebagai sumber vitamin B12.
Ilustrasi susu sebagai sumber vitamin B12. /PIXABAY

AGROMEDIS - Vitamin B12 yang juga dikenal sebagai Cobalamin adalah vitamin penting yang dapat larut dalam air dan dapat ditemukan dalam jenis makanan hewani dan beberapa produk lainnya misalnya roti dan susu nabati.

Jenis vitamin ini berperan penting dalam produksi sel darah merah dan DNA pada tubuh, serta berperan dalam fungsi sistem saraf.

Kondisi kekurangan vitamin B12 umumnya terjadi pada orangtua. Namun, beberapa orang dengan faktor risiko tertentu juga dapat mengalami kekurangan vitamin B12.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Sindrom Impostor, Salah Satunya The Perfectionist

Dikutip dari Healthline, beberapa faktor risiko itu adalah orang yang telah menjalani operasi menghilangkan bagian usus yang menyerap B12, penderita diabetes yang mengonsumsi obat metformin, orang yang melakukan diet vegan ketat, dan orang yang mengonsumsi obat antasida jangka panjang.

Gejala kekurangan vitamin B12 membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk muncul dan mendiagnosisnya pun akan rumit. Kekurangan B12 kadang-kadang dapat disalahartikan sebagai kekurangan folat.

Berikut ini adalah tanda dan gejala yang muncul ketika kekurangan vitamin B12.

1. Kulit pucat atau jaundiced

Orang dengan kekurangan B12 sering terlihat pucat atau memiliki sedikit semburat kuning pada kulit dan putih mata, kondisi yang dikenal sebagai penyakit kuning. Kondisi tersebut disebabkan oleh permasalahan produksi sel darah merah dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X