Dampak Gizi Buruk pada Anak dan Cara Mengetahuinya

- 10 Mei 2021, 05:49 WIB
Tiara dirawat di RSUD dr Slamet karena terindikasi gizi buruk.
Tiara dirawat di RSUD dr Slamet karena terindikasi gizi buruk. /Galamedianews.com/Robi Taufik Akbar

AGROMEDIS - Gizi buruk merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi dan termasuk masalah kesehatan pada anak yang cukup parah di Indonesia.

Meskipun terus menurun, namun gizi buruk di Indonesia masih tergolong tinggi khususnya pada wilayah Nusa Tenggara Timur dengan jumlah 10 dari 10.000 orang.

Dari total 5,4 juta penduduk di NTT, 5.200 orang diantaranya menderita gizi buruk. Kondisi ini secara umum dapat menurunkan sumber daya manusia.

Baca Juga: Mobile Agromedicine FK Unej Turut Serta Dalam Acara Sambung Srawung

Untuk itu pengetahuan tentang gizi buruk sangat penting untuk diketahui oleh para ibu, kader, dan petugas kesehatan lainnya.

Menurut dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Jember Dina Ayu Savitri, S.Ked, penurunan sumber daya manusia salah satunya terjadi karena gizi buruk sebab gizi buruk bisa mempengaruhi stunting, angka kesakitan dan angka kematian pada anak.

"Angka kesakitan ini akibat dari pengaruh nutrisi buruk pada anak sehingga membuat anak rentan terkena infeksi dan seseorang yang terkena gizi buruk penanganannya akan jauh lebih sulit.

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Pertumbuhan dan Pemantauan Status Gizi Seimbang Pada Anak Bagi Orang Tua

"Setelah demikian, maka imunitas anak semakin menurun hingga akhirnya tidak dapat bertahan ketika sakit dan dapat mengakibatkan kematian," kata Dina dalam webinar kesehatan oleh Kelompok Masyarakat (Keris) Lifestyle Medicine FK Unej pada Sabtu 1 Mei 2021.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X