Gizi Kurang pada Balita, Bila Tak Diantisipasi Bisa Menjadi Gizi Buruk

- 3 Mei 2021, 12:43 WIB
Ilustrasi balita.
Ilustrasi balita. /PIXABAY/yalehealth

AGROMEDIS - Gizi kurang pada balita adalah kebutuhan nutrisi pada tubuh tidak terpenuhi dalam jangka waktu tertentu. Sehingga, tubuh akan memecah cadangan makanan yang berada di bawah lapisan lemak dan lapisan organ tubuh.

Kondisi gizi kurang ini harus benar-benar diperhatikan. Sebab, jika tidak ditangani segera maka akan dapat berkembang menjadi gizi buruk.

Balita dikatakan mengalami gizi kurang dengan kriteria Zscore, berat badan (BB) tetap, dan adanya penurunan berat badan.

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Hias Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Jika Diletakkan Dalam Rumah

Dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Indi Kamilia Fitri, S.Ked menjelaskan, Zscore balita gizi kurang berada pada -3SD sampai dengan kurang dari -2SD. Kemudian, BB tetap artinya adalah tidak ada kenaikan berat badan disetiap bulannya.

"Selain Zscore dan BB tetap, pada balita dengan gizi kurang terjadi juga penurunan berat badan 2x selama 6 bulan antara 20-30% di bawah berat badan ideal," tutur Indi dalam webinar Kelompok Riset (Keris) Lifestyle Medicine FK Unej berjudul "Balita Gizi Kurang" yang dilaksanakan pada Sabtu 1 Mei 2021.

Indi menyebutkan bahwa penyebab dari gizi kurang terdapat 2 macam yaitu faktor langsung dan faktor tidak langsung.

Baca Juga: Perhatikan 3J atau Jenis, Jumlah, dan Jadwal Saat Puasa, Tips Sederhana Bagi Penderita Diabetes

Faktor langsung terdiri dari asupan nutrisi yang kurang adekuat dan adanya infeksi pada balita itu sendiri.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X