Bahaya Obesitas pada Anak, Bisa Menjadi Faktor Risiko Penyakit Serius

- 23 Maret 2021, 20:55 WIB
Ilustrasi makanan pemicu obesitas. /Pixabay/Menno de Jong

AGROMEDIS - Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan kondisi terjadinya penumpukan lemak yang tidak normal dan berlebih yang dapat mengganggu kesehatan.

Obesitas dapat disebabkan karena ketidakseimbangan antara makan dengaan penggunaan energi.

Nantinya energi yang berlebih ini akan disimpan tubuh menjadi sumber cadangan makanan sebagai lemak. Di dunia, anak yang menderita obesitas pada tahun 2020 sebanyak 60 juta anak. Setiap tahunnya anak yang menderita obesitas selalu bertambah banyak.

Di Indonesia sendiri, anak yang menderita obesitas sebanyak 12,3% pada anak usia sekolah dasar.

Baca Juga: Terlalu Sering Begadang atau Kurang Tidur Berbahaya Bagi Petani, Ini Alasannya

Ahli Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Ancah Caesarina Novi, M., Ph.D. mengatakan, obesitas dapat disebabkan oleh 2 faktor.

"Faktor penyebab obesitas terdiri dari 2 faktor yaitu faktor nutrisi maupun faktor non nutrisi. Faktor non nutrisi seperti faktor keturunan, dan ternyata kurangnya tidur pada anak juga merupakan salah satu faktor risiko terjadinya obesitas.

"Kurangnya aktivitas fisik dikarenakan main game, nonton film juga menjadi salah satu faktor risiko dari terjadinya obesitas pada anak," katanya.

Obesitas juga dapat disebabkan karena nutrisi. Ketidak seimbangan nutrisi yang masuk dan energy yang digunakan menjadi salah satu penyebab obesitas.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X