Hubungan Nutrisi dan Kesehatan Mental Berdasarkan Hasil Observasi Penelitian

- 9 Maret 2021, 21:17 WIB
Nutrisi yang dikonsumsi setiap hari sangat berpengaruh pada kesehatan, termasuk mental.
Nutrisi yang dikonsumsi setiap hari sangat berpengaruh pada kesehatan, termasuk mental. /Pixabay.com/Shutterbug75

AGROMEDIS - Pola makan mempengaruhi berbagai aspek kesehatan, termasuk berat badan, kinerja atletik, dan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Menurut beberapa penelitian, hal itu mungkin mempengaruhi kesehatan mental juga.

Kecemasan dan depresi adalah salah satu kondisi kesehatan mental yang paling umum di seluruh dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), depresi bisa menjadi salah satu masalah kesehatan teratas di dunia pada tahun 2030.

Oleh sebab itu, dikutip dari laman Medical News Today para peneliti terus mengembangkan cara untuk mengurangi dampak kondisi kesehatan mental dengan intervensi nutrisi.

Baca Juga: Kiat-kiat Mengatasi Ketegangan Leher dan Bahu Karena Stres, Diantaranya Bisa Melalui Yoga

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang melihat orang dewasa di atas usia 50 tahun menemukan hubungan antara tingkat kecemasan yang lebih tinggi dan diet tinggi lemak jenuh dan gula tambahan.

Menariknya, para peneliti telah mencatat temuan serupa pada anak-anak dan remaja. Misalnya, tinjauan 56 studi tahun 2019 menemukan hubungan antara asupan tinggi makanan sehat, seperti minyak zaitun, ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, produk susu, buah-buahan, dan sayuran, dan berkurangnya risiko depresi selama masa remaja.

Secara keseluruhan, penelitian lebih lanjut diperlukan pada topik pola diet tertentu dan pengobatan kondisi kesehatan mental. Secara khusus, perlu adanya definisi yang lebih terstandardisasi dari diet sehat, serta untuk studi jangka panjang yang lebih besar.

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Diabetes Beserta Gejala dan Penyebabnya yang Perlu Diketahui

Meskipun ada kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut, studi observasional menyarankan, secara keseluruhan, bahwa ada hubungan antara apa yang dimakan oleh orang dengan kesehatan mental mereka.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Medical News Today


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X