Inilah Komposisi Makanan dalam Sepiring Porsi yang Dianjurkan Ahli Gizi

- 10 Februari 2021, 18:47 WIB
Selain sayur dan buah, tubuh memperlukan komposisi gizi seimbang.
Selain sayur dan buah, tubuh memperlukan komposisi gizi seimbang. /Pixabay

AGROMEDIS – Tubuh akan terlengkapi zat gizinya apabila makanan yang dikonsumsi bervariasi. Bervariasi dalam arti memiliki semua jenis zat gizi yang dibutuhkan untuk juga dapat meningkatkan imun tubuh.

Salah satu komponen daya tahan tubuh adalah imunoglobulin yang unsur pembentuk utamanya adalah protein. Tercukupinya protein sangat dibutuhkan dalam masa pandemi seperti ini.

Pakar gizi dr. Dwita Aryadina Rachmawati, M.Kes. yang juga dosen ilmu kesehatan masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej) mengatakan, hanya dengan konsumsi satu produk, tidak bisa memenuhi semua macam zat gizi.

Baca Juga: Tumor Payudara Ada yang Berbahaya dan Tidak, Ketahui Penyebab dan Cara Deteksi Dininya

Sehingga, perlu adanya variasi dalam makanan. Tetapi, ada kalanya pada satu produk bisa mengandung beberapa zat gizi. Contohnya, kedelai yang memiliki karbohidrat, lemak, protein, vitamin A dan vitamin B.

“Komposisi makanan yang baik adalah harus tercukupi semua unsur zat gizinya. Kemenkes juga memiliki istilah Isi Piringku yakni anjuran tentang bagaimana komposisi yang baik untuk sekali makan," ungkapnya.

Empat sehat lima sempurna yang selama ini dikenal, kata dia, tidak didukung dengan detail komposisinya, sehingga dimodifikasi supaya lebih tercukupi komponen zat gizinya.

Baca Juga: 4 Jenis Muntah pada Bayi dan Penanganannya yang Perlu Diketahui

Isi Piringku yang merupakan anjuran dari Kemenkes, yaitu 1/3 porsi piring makanan adalah sayuran, 1/3 selanjutnya makanan pokok, baik nasi, ubi, jagung, atau sumber karbohidrat lain sesuai daerah masing-masing.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X