• Rabu, 22 September 2021

Panduan Nutrisi bagi Penderita Diabetes Melitus, Perhatikan 3J

- Jumat, 30 Juli 2021 | 06:51 WIB
Penderita diabetes melitus memiliki panduan nutrisi yang harus diperhatikan.
Penderita diabetes melitus memiliki panduan nutrisi yang harus diperhatikan.

AGROMEDIS - Diabetes melitus (DM) menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi.

Penyakit ini banyak ditemui di Indonesia dan merupakan 1 dari jenis penyakit yang mematikan.

DM ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Baca Juga: Kenali Gejala Jantung Koroner, Penyebab Kematian Tertinggi di Indonesia

Adanya panduan nutrisi bagi penderita DM, menurut dokter ahli ilmu kesehatan masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej) dr. Dwita Aryadina Rachmawati, M.Kes diusahakan untuk dapat mencapai beberapa tujuan.

Tujuan tersebut diantaranya yaitu memperbaiki kesehatan secara umum, menyesuaikan berat badan bagi penderita yang juga mengalami obesitas dan menormalkan pertumbuhan diabetes melitus pada anak atau masa pertumbuhan.

"Tujuan diet khusus bagi penderita DM selanjutnya adalah untuk menjaga gula darah agar tetap terkontrol atau sekitar normal, karena pada penderita DM sudah memiliki kecenderungan mudah meningkatnya kadar gula darah.

Baca Juga: Ini Pedoman 3J Yang Perlu Diketahui bagi Penderita Diabetes Melitus

"Selain itu diet juga bertujuan untuk menekan atau menunda timbulnya komplikasi (angiopati diabetik) yang rawan terjadi ketika pola makan tidak diatur," katanya dalam Mini Webinar berjudul Jaga Gula Darah Di Masa Pandemi oleh Relawan TDKB Covid-19 Universitas Jember.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

X