• Rabu, 22 September 2021

5 Manfaat Gandum yang Kaya Manfaat, Salah Satunya Ringankan Sembelit

- Kamis, 3 Juni 2021 | 05:24 WIB
Ilustrasi gandum dan minuman sereal berbahan baku gandum.
Ilustrasi gandum dan minuman sereal berbahan baku gandum.

AGROMEDIS - Gandum adalah salah satu jenis biji-bijian yang paling sehat di bumi. Gandum ini adalah biji-bijian utuh bebas gluten dan merupakan sumber banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting.

Gandum biasa dimakan untuk sarapan sebagai oatmeal, yang dibuat dengan merebus gandum dalam air atau susu. Studi menunjukkan bahwa gandum dan oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan.

Dilansir dari Healthline, manfaat kesehatan dari gandum dan oatmeal, di antaranya penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah dan berkurangnya risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Overhidrasi, Kelebihan Cairan yang Bisa Berbahaya Bagi Tubuh

Selain itu, karena merupakan jenis makanan paling padat nutrisi maka gandum sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Tak hanya padat nutrisi, berikut ini adalah 5 kelebihan gandum dan manfaatnya bagi kesehatan yang penting untuk diketahui.

1. Gandum utuh kaya akan antioksidan

Gandum utuh memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan juga senyawa tanaman bermanfaat lainnya seperti polifenol. Salah satu kelompok antioksidan yang paling terkenal adalah avenanthramides.

Avenanthramides dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Selain itu, avenanthramides memiliki efek anti-inflamasi dan anti-gatal

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

X