Vaksinasi Bagi Pendidik dan Tenaga Pendidik Diprioritaskan untuk Pembelajaran Tatap Muka

- 15 April 2021, 23:46 WIB
Vaksinasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan telah dimulai, Presiden Jokowi meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di DKI Jakarta.
Vaksinasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan telah dimulai, Presiden Jokowi meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di DKI Jakarta. /Biro Pers Setpres/Lukas

AGROMEDIS - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan aktivitas baru selama pandemi Covid-19 dalam rangka mengikuti kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat diluar rumah.

Namun, sudah lebih dari setahun dilaksanakan efektivitasnya tetap tidak sama dengan pembelajaran tatap muka. Hal itu dibuktikan dengan evaluasi yang terus dilakukan oleh pemerintah guna melihat efektivitas PJJ terhadap perkembangan peserta didik.

Setiap siswa tidak memiliki situasi dan kondisi yang sama saat harus belajar di rumah. PJJ juga dikhawatirkan akan menimbulkan dampak sosial negatif berkepanjangan diantaranya putus sekolah, serta penurunan capaian belajar serta kekerasan pada anak dan risiko internal.

Baca Juga: Tetap Harus Minum Obat Selama Puasa? Ini Saran dari Dokter

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), seiring dengan telah dimulainya kegiatan vaksinasi bagi pendidik dan tenaga pendidik dan diikuti dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di lingkungan sekolah, pemerintah menargetkan kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) dimulai pada Juli mendatang.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Menyusul dengan rencana ini maka kegiatan vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia ditargetkan rampung pada Juni mendatang.

Baca Juga: Kenali Efek Paparan Pestisida bagi Kesehatan, Ada Efek Jangka Pendek, Sedang, dan Panjang

"Vaksinasi bagi Pendidik dan Tenaga Pendidik menjadi prioritas vaksinasi COVID-19. Pemberian vaksin diberikan diseluruh jenjang secara bertahap baik negeri maupun swasta, baik formal maupun nonformal termasuk pendidikan keagamaan," kata Mendikbud Nadiem Makarim, 30 Maret 2021.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X