Mutasi Virus Corona B117 Mulai Terdeteksi di Indonesia, Pemerintah Perkuat Upaya 3T

- 8 Maret 2021, 09:57 WIB
Ilustrasi virus corona.
Ilustrasi virus corona. /Pixabay/geralt

AGROMEDIS - Mutasi baru virus corona dari Inggris yaitu B117 mulai terdeteksi di Indonesia sebanyak 2 kasus positif dari 462 sampel yang diperiksa. Kasus ini telah dikonfirmasi oleh Kemenkes.

Informasi ini diterima Kemenkes pada Senin, 1 Maret 2021. Mutasi virus corona B.1.1.7 sebelumnya pertama kali diumumkan di Inggris pada Desember 2020.

Sebagaimana dilansir laman Kemenkes, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes dr. Slamet, MHP membenarkan adanya kasus positif tersebut.

Baca Juga: Makan Lebih Banyak Protein Nabati Dapat Menurukan Risiko Kematian Dini pada Wanita

"Mutasi virus corona B.1.1.7 yang terdeteksi pertama di Inggris betul telah terdeteksi di Indonesia, mutasi virus ini lebih menular, orang yang terinfeksi varian ini juga dapat menularkan virus dalam jumlah yang lebih besar," ujar dr. Slamet.

Dokter Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, selaku Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI mengatakan, "Virus Corona adalah tipe virus RNA (ribonucleic acid) yang secara alami mudah mengalami mutasi dan mutasi memang merupakan kemampuan virus untuk bertahan hidup.

"Hingga saat ini, kami belum mendapatkan bukti ilmiah bahwa virus mutasi COVID-19 ini lebih tinggi tingkat keganasannya dibanding virus Covid-19 yang awal.

Baca Juga: Apakah Anak-Anak Wajib Memakai Masker untuk Mencegah Penularan Covid-19? Ini Penjelasan WHO

"Namun, dari beberapa penelitian di negara lain menunjukkan varian virus baru ini lebih cepat menular," katanya.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X