Kasus Covid-19 Tetap Tinggi, Pemerintah Izinkan Seluruh RS Layani Pasien Covid-19

- 3 Februari 2021, 17:55 WIB
Ilustrasi ruang isolasi pasien Covid-19 di rumah sakit. /Pixabay/KoalaParkLaundromat/243 images

AGROMEDIS - Kasus Covid-19 di Indonesia sudah tembus 1 juta orang sejak beberapa hari lalu. Jumlah penderita setiap harinya juga masih tinggi meski pemerintah sudah melakukan berbagai upaya pembatasan aktivitas.

Hal ini menuntut kesiapan fasilitas kesehatan (faskes) dalam menangani pasien. Padahal, sejumlah daerah memiliki RS rujukan covid-19 dengan kapasitas terbatas.

Karena itu, pemerintah mengizinkan seluruh rumah sakit (RS) membuka pelayanan pasien Covid-19.

Baca Juga: Santan Bisa Picu Kolesterol dan Diabetes? Ini Hasil Riset FK Universitas Jember yang Tak Terduga

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Prof. Kadir mengatakan, pemerintah memberikan kesempatan atau mengizinkan semua rumah sakit Indonesia, termasuk rumah sakit swasta, untuk memberikan layanan pasien Covid-19 asalkan mereka mengikuti SOP kita, tata laksana, juga mempunyai fasilitas.

Sampai saat ini, kata dia, ada 1.600 rumah sakit yang telah melaksanakan layanan Covid-19. Kemenkes juga meminta rumah sakit untuk menambah ketersediaan tempat tidur antara 30 sampai 40%.

Ada beberapa rumah sakit di beberapa kota atau provinsi yang jumlah keterpakaian tempat tidurnya berada di posisi 80%, seperti Jakarta, demikian pula dengan Yogyakarta dan Jawa Barat.

Baca Juga: Usai Buang Air Kecil Masih Keluar Sisanya, Biasanya Keluar saat Bangkit dari Sujud Shalat, Apa Sebabnya, Dok?

Untuk daerah yang berada di zona kuning, lanjut dia, dianjurkan oleh Menkes untuk semua rumah sakit melakukan konversi tempat tidur sebanyak 30% dan melakukan penambahan ruang isolasi sebanyak 20%.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X