Keluarga Memiliki Riwayat Penyakit Jantung Koroner, Apa yang Bisa Dilakukan?

- 23 Juni 2021, 06:01 WIB
Ilustrasi penyakit jantung koroner. Faktor pemicu yang bisa dikendalikan, seperti diabetes atau hipertensi, harus bisa dikontrol.
Ilustrasi penyakit jantung koroner. Faktor pemicu yang bisa dikendalikan, seperti diabetes atau hipertensi, harus bisa dikontrol. /Pexels/Karolina Grabowska

AGROMEDIS - Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah koroner di jantung.

Penyakit ini paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia.

Penyakit ini biasanya terjadi secara tiba-tiba. Awalnya tidak terjadi apa pun, lalu mulai sesak napas atau nyeri dada yang semakin berat secara berkala.

Baca Juga: 3 Manfaat Rahasia Tempe yang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

Jika tidak segera mendapatkan pertolongan, bisa menyebabkan kematian mendadak.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RSD dr.Soebandi Jember, dr.Pipiet Wulandari, Sp.JP yang juga merupakan salah satu staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Jember, penyakit jantung koroner memiliki dua faktor risiko.

Faktor pertama adalah faktor yang dapat dimodifikasi atau diubah. Faktor kedua adalah faktor yang tidak dapat dimodifikasi.

Baca Juga: Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan Jantung, Pembuluh Darah, dan Paru-Paru

"Faktor yang tidak dapat dimodifikasi adalah adanya keturunan penyakit jantung koroner dari keluarga, adanya riwayat jantung koroner atau serebrovaskular.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X