7 Tips Puasa Aman bagi Orang dengan Diabetes, Salah Satunya Jangan Sampai Tidak Sahur

- 22 April 2021, 21:52 WIB
Ilustrasi penderita diabetes.
Ilustrasi penderita diabetes. /Pixabay.com/Tesa Robbins

AGROMEDIS - Puasa di bulan Ramadhan wajib bagi umat Islam. Namun, Islam juga membolehkan tidak puasa bagi ibu hamil dan menyusui serta orang yang sakit atau memiliki masalah kesehatan kronis.

Diabetes termasuk dalam salah satu jenis penyakit kronis yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah.

Diabetes yang tidak terkontrol membutuhkan pengobatan intens, sehingga orang dengan penyakit ini sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter setidaknya dua bulan sebelumnya untuk mengetahui apakah dapat menjalankan puasa atau tidak.

Baca Juga: Mengenal Kegawatdaruratan Rumah Tangga, Pengetahuan Dasar yang Perlu Diketahui

Selain itu, menurut dr. Ancah Caesarina Novi M., Ph.D dosen Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dokter nantinya juga akan memberikan resep obat yang telah disesuaikan dengan kondisi puasa bagi orang dengan diabetes yang harus terus minum obat.

"Saat puasa, pasti akan ada perubahan dosis obat bagi orang dengan diabetes. Oleh karena itu, supaya lebih aman sebelum masuk bulan Ramadhan sebaiknya pasien berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokternya.

"Kalau bisa juga sebaiknya lakukan percobaan dengan berpuasa sunnah saat mendekati Ramadhan sehingga saat muncul keluhan bisa dikonsultasikan dengan dokter," jelas Ancah.

Baca Juga: 7 Manfaat Cryotherapy atau Terapi Dingin Bagi Tubuh, Salah Satunya Mengurangi Nyeri

Setelah melakukan konsultasi dan percobaan puasa sebelum memasuki bulan Ramadhan, kata dia, yang bisa dilakukan bagi orang dengan diabetes adalah memperhatikan tips-tips berikut ini.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X