Protokol Kesehatan Tetap Diperlukan Meski Sudah Divaksin, Ini Alasannya

- 20 April 2021, 11:08 WIB
Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi meninjau vaksinasi Covid-19 untuk seniman dan budayawan.
Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi meninjau vaksinasi Covid-19 untuk seniman dan budayawan. /Humas Setneg

AGROMEDIS - Vaksin diberikan dengan tujuan memaparkan tubuh dengan antigen virus supaya terbentuk antibodi dalam tubuh.

Setiap orang yang sudah divaksin memeliki reaksi berbeda. Ada yang bisa bertahan lama maupun sebentar. Sebab itu, prokes (protokol kesehatan) tetap harus dilakukan untuk menghindari adanya penularan.

Vaksin juga ada beberapa jenis yang harus dilakukan lebih dari satu kali, contohnya vaksin influenza yang boosternya diberikan setiap 1 tahun sekali karena antibodi dari vaksin hanya bertahan 1 tahun saja.

Baca Juga: 5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan, Baik untuk Penderita Diabetes dan Mencegah Penyakit Jantung

Menurut dr. Ancah Caesarina Novi M., Ph.D, staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej), booster dari vaksin Covid-19 masih belum diketahui secara pasti berapa lama dapat bertahan dan riset mengenai hal tersebut masih dilakukan.

Selain dari daya tahan booster vaksin yang diberikan, lanjut dia, alasan lain yang mengakibatkan protokol kesehaan masih harus tetap dilakukan adalah, meski dalam tubuh seseorang sudah terbentuk antibodi hal ini tidak menjamin bahwa tidak akan tertular sama sekali.

"Bedanya orang yang sudah divaksin dan belum divaksin ketika terinfeksi Covid-19 mereka yang tidak divaksin berpotensi menjadi penyakit yang parah. Tetapi yang sudah divaksin, bukan berarti tidak akan bisa terkena Covid-19.

"Bisa saja masih terkena, namun vaksin tersebut akan mencegah agar infeksi tidak terlalu parah. Artinya pemberian vaksin tidak membuat seseorang kebal sehingga abai dengan protokol kesehatan," katanya.

Baca Juga: Fatwa MUI Sebut Test Swab dan Rapid Antigen Tidak Membatalkan Puasa

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X