6 Kebiasaan yang Baik untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

- 20 Maret 2021, 23:04 WIB
Jauhkan HP saat tidur agar istirahat menjadi berkualitas. /Pexels/Ketut Subiyanto

AGROMEDIS - Tidur sangatlah penting bagi kesehatan tubuh dan meningkatkan produktivitas jika kualitas tidurnya baik. Kualitas tidur yang baik artinya tidur dengan waktu yang cukup serta nyenyak.

Tidur nyenyak adalah keinginan setiap orang, sebab apabila kualitas tidur ini kurang baik maka juga akan berpengaruh terhadap kesehatan mental dan fisik seseorang.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik maka diperlukan kebiasaan tidur yang baik pula.

Baca Juga: Hipertensi Menjadi Komorbid Terbanyak pada Pasien Covid-19

Dokter Azham Purwandhono, M.Si., Sp.N. dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember mengatakan terkadang banyak orang yang tidak menyadari suatu kebiasaan yang dilakukannya akan mempengaruhi kualitas tidur.

Untuk itu, menurut Azham ada beberapa kebiasaan yang perlu diterapkan atau diubah dari yang sebelumnya tidak baik menjadi baik dalam mencapai kualitas tidur yang baik. Kebiasaan baik tersebut diantaranya sebagai berikut.

1. Tidur teratur

Usahakan setiap hari tidur pada jam sama secara teratur meskipun pada hari libur. Misalnya, tidur pukul 9 malam maka seterusnya harus pukul 9 malam.
Demikian juga pada saat bangun usahakan di waktu yang sama setiap harinya dan harus mencapai waktu tidur sesuai dengan kebutuhan usia.

Waktu tidur yang tidak sama setiap harinya akan mengganggu pola tidur dan jam biologis orang tersebut.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X