Mengenal Kram Otot, Proses Terjadinya Kram dan Cara Pencegahan yang Baik

- 19 Maret 2021, 06:02 WIB
Ilustrasi kram otot.
Ilustrasi kram otot. /Pexels.com

AGROMEDIS - Semua orang tentunya pernah mengalami kram otot, pengalaman ini tentu menjadi pengalaman yang menyakitkan dan tidak menyenangkan.

Namun, masih banyak yang belum mengetahui apa yang sebenarnya terjadi ketika otot mengalami kram.

Sebelum mempelajari kram otot, yang perlu diketahui adalah mekanisme pergerakan otot itu sendiri. Hal ini disampaikan oleh dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi dr. Ainul Miftah Azizain, SpOT yang merupakan dosen pendidik klinis dan staf departemen bedah FK Unej-RSD dr Soebandi Jember.

Dia menjelaskan, otot adalah salah satu jaringan yang menyusun tubuh. Disebut muscle dalam bahasa Inggris.

Baca Juga: Mata Minus, Pemakaian Kacamata Bisa Membuat Ukuran Minus Bertambah, Benarkah?

Masyarakat awam menyebut daging atau urat. Fungsinya adalah melakukan pergerakan aktif dari sendi, yaitu dengan cara melakukan gerakan kontraksi atau memendek dan relaksasi agtau memanjang kembali.

Kata Ainul, gerakan kontraksi dan relaksasi ini bisa terjadi karena dalam setiap sel otot mengandung komponen yang disebut sebagai aktin dan myosin, sebuah susunan protein unik yang bisa melakukan aksi lepas – taut sesuai kebutuhan.

Proses interaksi aktin dan myosin ini dipengaruhi banyak hal. Yang paling penting adalah nutrisi, kadar oksigen, elektrolit dan suplai darah.

Gangguan pada salah satu atau lebih dari hal-hal tersebut akan mempengaruhi interaksi aktin dan miosin ini. Jika mengenai pada banyak sel otot maka akan ada gangguan kontraksi, salah satunya adalah kram.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X