Sistem Imun Tubuh Yang Baik Mampu Kurangi Resiko Tertular Covid-19

- 2 Maret 2021, 05:41 WIB
Olahraga bersepeda bisa meningkatkan imunitas.
Olahraga bersepeda bisa meningkatkan imunitas. /RENO ESNIR/ANTARA

AGROMEDIS - Masa pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Salah satu cara mencegah terinfeksi virus ini adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun berfungsi memerangi benda asing sebagai pelindung diri dari penyakit. Tangguhnya sistem imun juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu usia dan gaya hidup.

Hal ini dijelaskan oleh dr. Ancah Caesarina Novi M., Ph.D., dalam laporannya pada kegiatan pengabdian masyarakat yang berjudul "Upaya Meningkatkan Imunitas Tubuh Dalam Menyiapkan Era New Normal".

Baca Juga: Rajin Berolahraga Meskipun Saat Bekerja Bisa Mengurangi Risiko Penyakit

Pada laporan tersebut tertulis bahwa sistem kekebalan tubuh perlu beradaptasi dengan Covid-19 tanpa adanya bantuan hingga vaksin tercukupi ketersediaannya. Karena sistem imun tubuh yang baik diperlukan untuk mengurangi resiko tertular Covid-19.

Respon imun terhadap infeksi penyakit adalah mekanisme yang efisien dan efektif terhadap bombardir patogen yang dihadapi tubuh setiap hari. Respon imun sendiri ada yang innate dan ada yang spesifik.

Sistem imun dipengaruhi oleh keseimbangan antara host, agent, dan lingkungan. Untuk mempersiapkan Era New Normal, individu perlu mencegah terjadinya transmisi dengan menjalankan protokol kesehatan yang benar.

Baca Juga: 5 Makanan Pahit yang Baik untuk Kesehatan, Salah Satunya Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

Selanjutnya, kata dia, imunitas tubuh perlu ditingkatkan secara buatan dengan vaksin sehingga tercipta herd immunity, walaupun akan membutuhkan waktu.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X