Tidak Semua Buah Baik untuk Penderita Diabetes, Ini Buah yang Direkomendasikan Aman

- 17 Februari 2021, 16:42 WIB
Mangga tidak direkomendasikan bagi penderita diabetes. /Freepik

AGROMEDIS - Buah-buahan pada umumnya memiliki indeks glikemik rendah. Sebab, kandungan utama yang dimiliki adalah serat dan gula yang berbentuk fruktosa.

Namun, pada daerah tropis cukup banyak terdapat buah-buahan yang memiliki indeks glikemik tinggi atau menengah. Seperti nanas atau melon.

Dokter Ancah Caesarina Novi M., Ph.D., ahli ilmu kesehatan masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Jember mengatakan, bentuk sajian buah yang dikonsumsi juga mempengaruhi kandungan indeks glikemiknya.

Seperti buah yang dikeringkan menjadi manisan, seperti kismis, kurma, atau manisan buah lainnya. Ini perlu diwaspadai pada penderita diabetes.

Baca Juga: Bahaya Infeksi Tulang dan Sendi, Segera Periksakan Luka agar Tidak Jadi Penyakit Serius

Sehingga, kata Ancah, rekomendasi untuk konsumsi buah bagi orang dewasa adalah sekitar 2 cup buah segar per hari atau alternatifnya 1/2 cup buah kering atau manisan per hari.

Demikian pula pada buah-buahan yang telah diolah menjadi smoothies atau jus. Takaran yang direkomendasikan akan berbeda karena kandungan gulanya jauh lebih banyak dibanding buah segar.

Buah segar tidak hanya mengandung gula, namun ada banyak juga kandungan yang bermanfaat seperti antioksidan dan multivitamin.

Namun, lanjut dia, ada buah tertentu yang memang kandungan gulanya cukup tinggi diukur berdasarkan indeks glikemik. Indeks glikemik adalah seberapa berpengaruh makanan terhadap peningkatan gula darah setelah 3 jam dikonsumsi.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X