Penyakit Malaria, Ketahui Penyebab dan Cara Pencegahannya

- 16 Februari 2021, 06:08 WIB
Ilustrasi nyamuk pembawa parasit penyebab malaria.
Ilustrasi nyamuk pembawa parasit penyebab malaria. /PIXABAY/Jimmy Chan

AGROMEDIS - Malaria merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Penyakit ini sering terjadi di negara tropis, termasuk Indonesia.

Parasit penyebab penyakit malaria pada manusia terdapat 5 jenis. Yaitu, Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax, Plasmodium malariae, Plasmodium ovale, dan Plasmodium knowlesi.

Ahli penyakit tropis Fakultas Kedokteran Universitas Jember, Dr.rer.biol.hum dr. Erma Sulistyaningsih, M.Kes mengatakan, penyakit malaria tidak ditularkan melalui orang ke orang.

Baca Juga: 7 Penyebab Nyeri Punggung Bawah atau Low Back Pain dan Cara Mengatasinya

Namun, penularan penyakit ini melalui gigitan nyamuk, bernama Anopheles. Misalnya, ada penderita malaria yang digigit nyamuk ini, lalu nyamuk ini menggigit orang lain.

Maka, orang tersebut bisa tertular penyakit malaria. Sehingga nyamuk Anopheles dapat dikatakan sebagai perantara penularan.

Secara umum, lanjut dia, orang yang terjangkit penyakit malaria akan merasakan gejala seperti menggigil, demam, berkeringat banyak, kemudian merasa sehat.

Tetapi, sambung Erma, setelah beberapa hari serangan tersebut terjadi lagi. Periode gejala ini tergantung pada jenis penyebabnya.

Baca Juga: Hati-Hati! Diabetes Dapat Menyebabkan Pikun, Berikut Ini Penjelasannya

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X