Prebiotik dari Kelapa Muda Bisa Mencegah Kanker dan Meningkatkan Kesehatan Usus

- 10 Februari 2021, 22:39 WIB
Ilustrasi buah kelapa.
Ilustrasi buah kelapa. /Pixabay/moho01.

AGROMEDIS – Kelapa muda merupakan salah satu sumber makanan yang banyak mengandung serat. Serat ini dinamakan Galaktomanan.

Galaktomanan merupakan salah satu jenis serat yang tidak bisa dicerna oleh enzim pencernaan saluran cerna manusia.

Sehingga, akan tetap bertahan dan terus masuk menuju saluran cerna bagian bawah, dari usus halus hingga ke usus besar. Dalam usus besar banyak terdapat kuman baik dan kuman pembawa penyakit.

Dokter Jauhar Firdaus, M.Biotek, ahli bioteknologi dan dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej) mengatakan, kuman baik inilah yang disebut probiotik dan serat galaktomanan sebagai prebiotik.

Baca Juga: Inilah Komposisi Makanan dalam Sepiring Porsi yang Dianjurkan Ahli Gizi

“Kuman yang baik berperan dalam fermentasi serat galaktomanan tadi yang kemudian menjadi asam lemak rantai pendek," kata Jauhar.

Asam lemak rantai pendek atau SCFA (Short Chain Fatty Acid) ini yang dapat memberikan efek terhadap kesehatan. SCFA yang dihasilkan mempunyai peran dalam mempertahankan kesehatan baik di saluran cerna maupun tubuh secara umum.

Saat di saluran cerna salah satunya adalah mencegah terjadi inflamasi dan menekan proses terjadinya kanker. Sehingga, seseorang yang rutin mengonsumsi serat pangan (prebiotik), akan bisa menurunkan resiko terjadi kanker saluran pencernaan.

Baca Juga: Tumor Payudara Ada yang Berbahaya dan Tidak, Ketahui Penyebab dan Cara Deteksi Dininya

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X