Tumor Payudara Ada yang Berbahaya dan Tidak, Ketahui Penyebab dan Cara Deteksi Dininya

- 10 Februari 2021, 18:38 WIB
Ilustrasi tindakan operasi. Dalam sebagian kasus, tumor payudara juga perlu penanganan melalui operasi.
Ilustrasi tindakan operasi. Dalam sebagian kasus, tumor payudara juga perlu penanganan melalui operasi. /Pexels/Vidal Balielo Jr

AGROMEDIS – Tumor payudara merupakan benjolan abnormal yang ada pada payudara dengan penyebab berbagai macam.

Infeksi yang menyebabkan benjolan juga dapat dikatakan tumor apabila memiliki bentuk yang abnormal.

Sedangkan kanker adalah bagian dari tumor. Namun, tidak semua tumor adalah kanker. Berubah menjadi kanker apabil tumor sudah menjadi ganas.

Baca Juga: 4 Jenis Muntah pada Bayi dan Penanganannya yang Perlu Diketahui

Apabila tumor payudara sudah ganas, yakni bisa bertambah besar atau menyebar keluar jaringan payudara, barulah akan disebut sebagai kanker payudara. Tumor ganas ini juga bisa tumbuh di paru-paru, liver, otak, atau tulang.

Dokter Primanto Bhakti Lesmana, Sp.B(K)Onk yang merupakan salah satu dosen imu bedah di Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej) mengatakan, kanker payudara merupakan tumor ganas yang berasal dari kelenjar atau saluran pada payudara.

“Tumor payudara bisa jadi terasa sakit dan bisa juga tidak sakit. Biasanya tumor jinak, tidak terasa sakit hanya saja ada benjolan," katanya. Namun, apabila penyebabnya adalah peradangan maka akan terasa nyeri.

Baca Juga: Inilah Sebab-Sebab Kaki Pengkor atau Congenital Talipes Equino Varus

Tumor payudara yang jinak ini, kata dia, biasanya juga disebabkan oleh faktor hormonal. Tumor ini berisi cairan atau sering disebut kista. Biasanya kista terjadi saat pubertas atau menjelang menopause.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X