Hentikan Kebiasaan Minum Antibiotik Tanpa Resep Dokter, Akibatnya Bisa Buruk

- 2 Februari 2021, 22:27 WIB
Ilustrasi antibiotik.
Ilustrasi antibiotik. /PIXABAY

AGROMEDIS - Pada sebagian penyakit, biasanya dokter akan meresepkan penggunaan obat antibiotik.

Antibiotik adalah jenis obat yang sering digunakan untuk mengatasi beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Dalam klasifikasinya, antibiotik termasuk dalam jenis obat yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Faktanya, sering didapati bahwa penggunaan antibiotik menjadi tidak terkendali. Masyarakat dapat menemukan jenis obat ini bahkan di toko-toko kelontong dekat rumah.

Baca Juga: Jangan Remehkan Cacingan, Jika Sangat Parah Bisa Menyebabkan Gangguan pada Organ Tubuh yang Vital

"Dengan mudahnya ditemukan seperti itu, antibiotik seakan telah bebas digunakan tanpa resep dokter dan menjadi tidak terkendali. Karena penggunaan tidak terkontrol inilah yang akan menimbulkan resiko kekebalan," ujar dr Supangat, SpBA, M.Kes, Ph.D, farmakolog Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej).

Ia mengatakan, meminum obat antibiotik sebenarnya hanya diperlukan ketika seseorang sakit akibat terinfeksi bakteri. Apabila penderita sakit selain karena bakteri, antibiotik tidak akan memberi efek apa pun.

"Meminum antibiotik yang tidak diperlukan tersebut justru kemudian akan mematikan bakteri-bakteri baik dalam tubuhnya dan memunculkan kekebalan di kemudian hari," sambung Supangat.

Yang dimaksud kebal, kata dia, jika suatu saat orang tersebut sakit, meminum obat antibiotik itu tidak akan mempan lagi dan menyebabkan penyakit lebih sulit untuk disembuhkan.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Terkini

Terpopuler

X