• Rabu, 22 September 2021

Tanaman Hias di Rumah Bisa Jadi Bumerang Bagi Kesehatan, Ini Sebabnya

- Jumat, 16 April 2021 | 05:54 WIB
Tanaman aglonema banyak dipelihara di rumah.
Tanaman aglonema banyak dipelihara di rumah.

AGROMEDIS - Tanaman hias banyak dipelihara di rumah-rumah dengan berbagai macam tujuan. Salah satunya untuk estetika.

Sebagian jenis tanaman hias memang ada yang bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya, lidah mertua, lidah buaya, peace lily, tanaman ivy, lavender, dan berbagai jenis lainnya.

Dengan menanam jenis tanaman-tanaman tersebut dalam rumah, maka akan mendapat manfaat kesehatan. Seperti, kemampuan menyerap polutan dan memberikan efek ketenangan.

Baca Juga: Vaksinasi Bagi Pendidik dan Tenaga Pendidik Diprioritaskan untuk Pembelajaran Tatap Muka

Meski demikian, yang harus diperhatikan adalah jangan sampai tanaman ada di dalam rumah tersebut menjadi bumerang bagi kesehatan.

Dokter Jauhar Firdaus, M.Biotek, pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Jember mengatakan, ada hal-hal yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan akibat dari pemeliharaan tanaman yang tidak benar.

"Salah satunya adalah pemilihan media tanam. Sebaiknya hindari media tanam berupa tanah karena akan mudah berinteraksi dengan zat-zat organik dari dalam tanah itu sendiri," kata Jauhar.

Baca Juga: Tetap Harus Minum Obat Selama Puasa? Ini Saran dari Dokter

Dengan menggunakan tanah, kata dia, media tanam itu menjadi media pertumbuhan yang baik bagi mikroorganisme, seperti jamur, bakteri, ganggang, dan protozoa. Jika banyak tumbuh, justru akan menjadi penyebab gangguan kesehatan.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

Ini Cara Penanganan Udel Bodong pada Bayi

Sabtu, 10 April 2021 | 06:11 WIB
X