• Rabu, 22 September 2021

Ini Cara Penanganan Udel Bodong pada Bayi

- Sabtu, 10 April 2021 | 06:11 WIB
Ilustrasi bayi dengan tali pusarnya.
Ilustrasi bayi dengan tali pusarnya.

PORTAL JEMBER - Udel bodong atau tali pusar yang menonjol merupakan bentuk kelainan bawaan yang disebut dengan hernia tali pusat.

Hernia di tali pusat ini terjadi karena struktur otot di sekitar tali pusat tidak tumbuh dengan sempurna.

"Sehingga menjadi lemah dan bagian usus di dalam perut menonjol keluar. Sepanjang apa pun tali pusat dipotong akan tetap saja putusnya nanti menjadi pendek kalau tidak ada kelainan hernia.

Baca Juga: (Cek Fakta) Udel Bodong, Tanda Anak Nakal? Ini Kata Dokter Spesialis Bedah Anak

"Demikian juga sependek apa pun memotongnya, jika ada hernia karena ototnya tidak kuat maka akan menjadi udel bodong atau panjang," kata dr. Supangat, Sp.BA., M.Kes., Ph.D yang merupakan dokter spesialis bedah anak.

Dia mengatakan, penanganan udel bodong adalah dengan cara koinisasi. Yakni memberi uang yang berbentuk koin di atas pusar.

Pusar yang bodong dimasukkan dengan jari, dan ketika setelah masuk ditutup dengan koin lalu diplester.

Hal ini perlu dilakukan setiap hari secara rutin terus menerus, sehingga pada beberapa anak akan menutup atau sembuh dengan sendirinya.

Baca Juga: Peran Anestesi dalam 4 Bidang Ilmu Medis, Salah Satunya Manajemen Nyeri

Apabila tidak berhasil dengan cara tersebut, maka perlu tindakan operasi.

“Udel bodong bisa menjadi berbahaya bila kemudian usus yang menonjol tersebut terjepit. Ciri-cirinya adalah anak atau bayi menjadi rewel atau sering menangis walaupun sudah makan, minum, atau diganti popoknya.

"Maka harus mewaspadai bahwa ususnya terjepit dan harus mencari tanda-tanda lainnya, seperti bayi menjadi muntah yang lama kelamaan muntahnya menjadi berwarna hijau.

"Apabila hal ini terus dibiarkan, lama kelamaan buang air besar bayi juga akan terganggu, buang air besarnya menjadi tidak lancar.

Baca Juga: Fakultas Kedokteran Universitas Jember Jalin Kerjasama dengan Laboraturium Klinik Prodia

"Kondisi inilah yang membutuhkan tindakan operasi. Lebih baik segera memeriksakan ke dokter untuk menentukan apakah kemudian perlu operasi atau tidak,” jelasnya.

Selain melakukan koinisasi atau mengambil tindakan operasi, kata dia, udel bodong tidak bisa menutup dengan meminum obat.

Karena kondisi ini merupakan bentuk dari kelainan anatomis, seperti halnya bibir sumbing.

Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang membuktikan apakah udel bodong ini kelainan yang diturunkan atau tidak, tetapi sudah pasti ini adalah kelainan bawaan atau kelainan yang sudah dibawa sejak lahir.***

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

Ini Cara Penanganan Udel Bodong pada Bayi

Sabtu, 10 April 2021 | 06:11 WIB
X