• Rabu, 22 September 2021

Bolehkah Membersihkan Kotoran Telinga dengan Ear Candle dan Minyak Telinga?

- Jumat, 19 Maret 2021 | 19:35 WIB
Membersihkan telinga tidak boleh sembarangan.
Membersihkan telinga tidak boleh sembarangan.

AGROMEDIS - Kotoran telinga atau dalam bahasa medis disebut serumen obsturan diproduksi oleh kelenjar serumenosa dan sebasea pada kanalis akustikus eksterna telinga.

Serumen ini dapat menyebabkan adanya gangguan pendengaran ketika buntu atau membatu/menumpuk di akustikus eksterna eksterna telinga.

Dokter ahli THT Fakultas Kedokteran Universitas Jember dr. Nindya Shinta Rumastika, M.Ked., Sp.THT-KL mengatakan, telinga sebaiknya dibersihkan ke dokter THT maksimal setiap 6 bulan sekali.

Lantas, bolehkan membersihkan kotoran telinga dengan ear candle dan minyak telinga?

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Sendiri Kotoran Telinga, tapi Sebaiknya ke Dokter THT

Ear candle, menurut Nindya, sama sekali tidak bisa digunakan untuk membersihkan telinga karena dapat menyebabkan trauma liang telinga maupun gendang telinga atau membran timpani.

"Ear candle mempunyai efek bakar atau panas termal dan adanya suara yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan trauma telinga," katanya.

Sementara, minyak telinga masih bisa diberikan dengan dosis dan waktu tertentu. Minyak yang bisa digunakan biasanya gliserin atau karbogliserin. Pemberian minyak telinga tidak boleh lebih dari 3 hari.

Obat tetes telinga pun memiliki dosis dan waktu tertentu yang tidak bisa dilakukan pada setiap orang.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

Ini Cara Penanganan Udel Bodong pada Bayi

Sabtu, 10 April 2021 | 06:11 WIB
X