• Rabu, 22 September 2021

Operasi Lasik pada Mata Minus dan Tips untuk Menjaga Mata Tetap Sehat

- Jumat, 19 Maret 2021 | 06:08 WIB
Ilustrasi mata. (PIXABAY)
Ilustrasi mata. (PIXABAY)

AGROMEDIS - Lasik yang merupakan singkatan dari laser-assisted in situ keratomileusis adalah suatu tindakan operatif pada mata minus yang bekerja dengan membuat suatu proyeksi dimana sinar yang masuk pada mata akan tepat pada saraf mata atau retina.

Untuk melakukan lasik ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Hal ini disampaikan oleh dokter spesialis mata dr. Erwanda Fredy Purliawan, Sp.M, dokter spesialis mata dari Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej).

Biasanya harus dilakukan pemeriksaan ukuran minus dan ketebalan selaput mata atau kornea. Barulah dokter akan menyampaikan pada pasien tentang "apakah masih harus memakai kacamata atau tidak perlu lagi setelah operasi lasik".

Mengapa masih harus memakai kacamata setelah operasi lasik? Hal ini dapat terjadi karena 2 faktor.

Baca Juga: Mengenal Kram Otot, Proses Terjadinya Kram dan Cara Pencegahan yang Baik

Faktor pertama, kata Fredy, ukuran minus masih terlalu tinggi. Kedua, kondisi selaput mata atau korneanya tidak terlalu baik sehingga pada saat dilakukan lasik tidak bisa maksimal.

Meski demikian, setelah operasi lasik, ukuran mata minus yang sebelumnya tinggi menjadi berkurang atau bahkan normal, tidak akan kembali bertambah.

"Jika memang ada penambahan, maka harus memakai kacamata dengan ukuran yang sesuai sehingga tidak merangsang pemanjangan sumbu bola mata," katanya.

Karena dipengaruhi oleh ukuran ketebalan kornea, operasi lasik disarankan dilakukan pada usia remaja antara usia 21 hingga 35 tahun sebab selaput kornea pada usia tersebut masih bagus kondisinya.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

Ini Cara Penanganan Udel Bodong pada Bayi

Sabtu, 10 April 2021 | 06:11 WIB
X