• Rabu, 22 September 2021

Hati-Hati! Diabetes Dapat Menyebabkan Pikun, Berikut Ini Penjelasannya

- Senin, 15 Februari 2021 | 06:28 WIB
Ilustrasi sampel darah untuk tes kadar gula.
Ilustrasi sampel darah untuk tes kadar gula.

AGROMEDIS – Normalnya, orang yang mengalami penurunan daya ingat atau pikun adalah orang-orang yang sudah berusia lanjut karena adanya proses penuaan.

Pada penderita diabetes dengan kadar gula yang tinggi dan tidak terkontrol memiliki risiko lebih besar terjadinya penurunan daya ingat dibandingkan pada orang normal.

Hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi akan terus beredar di dalam pembuluh darah mengalami oksidasi menjadi radikal bebas.

Baca Juga: Bukan Hanya Diare, Saat Banjir Waspadai Juga Penyakit Leptospirosis

Menurut pakar neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Azham Purwandhono, M.Si., Sp.N., peningkatan radikal bebas dapat menimbulkan gangguan pada pembuluh darah.

“Pembuluh darah yang awalnya elastis dapat menjadi mengeras yang dikenal sebagai Atherosclerosis.

“Adanya atherosclerosis menyebabkan penurunan aliran darah pada berbagai organ. Salah satunya terjadi di pembuluh darah otak.

“Penurunan aliran darah pada pembuluh darah otak mengakibatkan penurunan pula pada oksigen dan nutrisi otak sehingga menyebabkan gangguan salah satu fungsi otak yaitu fungsi daya ingat.

“Gangguan tersebut dikenal sebagai pikun atau demensia. Demensia akibat gangguan pada pembuluh darah otak ini dinamakan sebagai demensia vaskuler,” katanya.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

Ini Cara Penanganan Udel Bodong pada Bayi

Sabtu, 10 April 2021 | 06:11 WIB
X