• Rabu, 22 September 2021

Patah Tulang Tidak Selalu Operasi, Jangan Pernah Bawa ke Sangkal Putung

- Senin, 15 Februari 2021 | 06:02 WIB
Ilustrasi tindakan operasi. Dalam sebagian kasus, patah tulang tidak selalu diatasi dengan operasi.
Ilustrasi tindakan operasi. Dalam sebagian kasus, patah tulang tidak selalu diatasi dengan operasi.

AGROMEDIS – Pada saat terjadi patah tulang, baik orang dewasa maupun anak-anak, masyarakat sering takut untuk membawa korban ke dokter. Yang terjadi malah pergi ke sangkal putung.

Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa jika pergi ke rumah sakit, jalan satu-satunya mengatasi patah tulang adalah dengan operasi.

Ahli ortopedi dan traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Muhammad Hasan, M.Kes., Sp.OT., mengatakan, patah tulang pada anak usia di bawah 10-12 tahun, umunya 80% bisa dikerjakan tanpa dibedah atau operasi.

Baca Juga: Bukan Hanya Diare, Saat Banjir Waspadai Juga Penyakit Leptospirosis

"Pada umumnya patah tulang yang bisa disembuhkan tanpa operasi adalah patah pada tulang panjang. Misalnya, tulang selangka, tulang belikat, tulangan lengan atas, tulang lengan bawah, tulang tungkai bawah dan tulang-tulang kecil pada tangan dan kaki.

"Bahkan pada bagian tersebut ada yang sampai 90% bisa disembuhkan tanpa operasi. Kecuali patah tulang yang berada di dekat sendi maka harus operasi. Itupun tidak mutlak, hanya akan dioperasi apabila kerusakannya betul-betul parah," katanya

Kulit tulang pada anak-anak umumnya masih sangat tebal, jadi seandainya patah, tidak akan patah seluruhnya atau tidak banyak berubah. Hal ini bisa dibuktikan melalui X-Ray atau rontgen.

Baca Juga: Bahaya Makanan Berformalin, Jika Dikonsumsi dalam Jangka Panjang Bisa Sebabkan Kanker

Dengan kondisi seperti itu, kata Hasan, pengobatannya hanya cukup dikembalikan posisinya atau direposisi dengan dibius atau tanpa bius, lalu dilakukan pemasangan gips atau splint

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

Ini Cara Penanganan Udel Bodong pada Bayi

Sabtu, 10 April 2021 | 06:11 WIB
X