• Rabu, 22 September 2021

Osteoarthritis atau Radang Sendi, Kenali Jenis, Pengobatan, dan Pencegahannya

- Senin, 8 Februari 2021 | 18:42 WIB
Ilustrasi wanita yang mengalami radang sendi.
Ilustrasi wanita yang mengalami radang sendi.

AGROMEDIS – Osteoarthritis atau radang sendi adalah sebuah kerusakan sendi pada tulang rawannya. Baik pada sendi tulang belakang, yaitu sendi anggota gerak atas, maupun sendi anggota gerak bawah.

Kerusakan sendi ini ada yang bersifat primer dan sekunder. Hal ini dijelaskan oleh dr I Nyoman Semita, Sp.BO., OT.Spine(K), dosen mata kuliah bedah orthopedi Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

“Kerusakan sendi yang bersifat primer adalah yang terjadi karena kerusakan seiring berjalannya waktu. Tulang rawan sendi sebagai pelapis tulang pada sendi mengalami kerusakan seiring bertambahnya usia, sehingga menyebabkan terjadinya Osteoarthritis pada usia tua," katanya.

Baca Juga: Pelaku Sejarah FK Universitas Jember: Sejak Dulu Dekat dengan Pertanian

Sementara, kata dia, kerusakan sendi yang bersifat sekunder adalah kerusakan tulang rawan sendi yang disebabkan bukan karena penuaan, melainkan oleh penyakit.

Misalnya karena adanya infeksi, tumor, rematik, asam urat, kelainan metabolik, atau trauma kecelakaan pada sendinya sehingga tulang rawannya rusak,

"Sehingga kerusakan sekunder ini tidak bisa ditebak pada usia berapa terjadinya,” jelasnya.

Semita mengatakan, tidak semua Osteoarthritis harus dioperasi. Sebab, ada tingkat keparahannya, yaitu tipe 1 hingga tipe 5 yang menunjukkan derajat keparahan dan harapan kesembuhan dengan pengobatan.

Baca Juga: Tips agar Mata Tetap Sehat Ketika Sering Menatap Layar HP dan Komputer

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

Ini Cara Penanganan Udel Bodong pada Bayi

Sabtu, 10 April 2021 | 06:11 WIB
X