• Rabu, 22 September 2021

Anus Bayi Baru Lahir, Orang Tua Perlu Memastikan Ada dan Bentuknya Normal

- Kamis, 4 Februari 2021 | 06:16 WIB
Ilustrasi bayi yang baru lahir.
Ilustrasi bayi yang baru lahir.

AGROMEDIS – Hal penting yang kali pertama harus diketahui pada bayi baru lahir adalah ada atau tidaknya anus. Beberapa kali hal ini sering kurang diperhatikan.

Normalnya, bayi memiliki anus yang digunakan untuk buang air besar. Namun, ada juga kelainan yang menyebabkan bayi tidak memiliki anus. Kejadian semacam ini pun cukup banyak ditemukan.

Ada 1 dari 4.000 kelahiran, ditemukan bayi tidak memiliki anus. Sehingga, menjadi penting untuk diketahui bagi orang tua untuk memastikan bayinya memiliki anus.

Baca Juga: Penting! Ini Tips Menjaga Kesehatan Jiwa di Masa Pandemi dan Banyak Bencana

Caranya adalah dengan melihat area kemaluan bayi apakah ada atau tidaknya lubang. Selanjutnya, harus dipastikan ada tidaknya kotoran yang keluar dari anus tersebut.

Terkadang, ada dua kemungkinan yang terjadi. Yaitu, lubang terlihat, namun tidak ada kotoran serta terlihat kotoran, namun tidak jelas lubangnya.

Dokter bedah anak, dr Supangat Sp.BA., M.Kes., Ph.D. mengatakan, jika hanya kotoran yang terlihat namun tidak terlihat lubangnya, yang bisa dilakukan adalah membersihkannya dengan kain atau kapas basah.

Baru kemudian dicek ada lubang atau tidak. Jika ditemukan lubang, namun terlihat tidak biasa, maka inilah yang harus diperhatikan lagi.

Baca Juga: Santan Bisa Picu Kolesterol dan Diabetes? Ini Hasil Riset FK Universitas Jember yang Tak Terduga

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

Ini Cara Penanganan Udel Bodong pada Bayi

Sabtu, 10 April 2021 | 06:11 WIB
X