• Rabu, 22 September 2021

Sembelit pada Bayi Baru Lahir, Inilah yang Harus Diperhatikan Bunda

- Selasa, 2 Februari 2021 | 21:40 WIB
Ilustrasi bayi yang baru lahir.
Ilustrasi bayi yang baru lahir.

AGROMEDIS - Buang air besar (BAB) pertama pada bayi yang baru lahir umumnya berupa kotoran berwarna hitam. Tetapi, jika dalam beberapa hari bayi tidak BAB hitam, orang tua, khususnya bunda, harus waspada.

Buang air besar sangat penting pada bayi. Normalnya, pada hari pertama kelahiran bayi sudah mulai BAB. Ciri-cirinya adalah berwarna hitam dengan jumlah yang cukup.

Dokter Supangat, Sp.BA., M.Kes., Ph.D, dokter spesialis bedah anak, yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej) mengatakan, jumlah BAB yang cukup pada bayi dengan berat 3 kg adalah 2 sendok makan.

"Jika hanya sedikit BAB hitamnya, seperti noda-noda di pampers saja, itu tidak cukup untuk dikatakan normal. Apalagi jika keluarnya kotoran hitam tersebut baru terjadi pada hari ketiga. Sehingga perlu diwaspadai," katanya.

Baca Juga: Ini Langkah Fakultas Kedokteran Universitas Jember Menjadi Pusat Agromedis Asia Tenggara 2025

Dia mengatakan, bayi normalnya BAB setiap hari. Tetapi, pada beberapa bayi yang minum ASI tidak selalu demikian.

Biasanya, kata dia, beberapa hari BAB bayi terpantau normal. Namun, pada pekan kedua biasanya terjadi macet atau sembelit. Hal itu ditandai dengan sedikitnya BAB selama 3 sampai 4 hari.

“Macetnya BAB atau sembelit pada bayi tersebut menandakan bahwa bayi mengalami gangguan saraf pada anusnya. Orang tua harus memperhatikan dan segara membawa ke dokter untuk diobservasi.

"Efek yang paling mudah dilihat adalah bayi tidak BAB selama 2 sampai 3 hari dan perut bayi yang menjadi buncit serta tidak rata seperti ada tonjolan usus. Kemudian biasanya juga diikuti dengan muntah yang berwarna hijau,” terangnya.

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

Ini Cara Penanganan Udel Bodong pada Bayi

Sabtu, 10 April 2021 | 06:11 WIB
X