(Cek Fakta) Udel Bodong, Tanda Anak Nakal? Ini Kata Dokter Spesialis Bedah Anak

- 10 April 2021, 05:55 WIB
Ilustrasi bayi dengan tali pusarnya.
Ilustrasi bayi dengan tali pusarnya. /Pixabay



AGROMEDIS – Udel bodong sering dianggap oleh masyarakat terjadi karena ketika lahir tali pusar bayi dipotong terlalu panjang.

Selain itu, ada mitos di masyarakat bahwa udel bodong dikaitkan dengan anak tersebut nakal.

Dokter Supangat, Sp.BA., M.Kes., Ph.D yang merupakan dokter spesialis bedah anak dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember mengatakan, anggapan atau mitos itu tidak benar.

Baca Juga: Peran Anestesi dalam 4 Bidang Ilmu Medis, Salah Satunya Manajemen Nyeri

Baca Juga: Fakultas Kedokteran Universitas Jember Jalin Kerjasama dengan Laboraturium Klinik Prodia

“Udel bodong itu merupakan bentuk kelainan bawaan yang disebut dengan hernia tali pusat. Hernia di tali pusat ini terjadi karena struktur otot di sekitar tali pusat tidak tumbuh dengan sempurna.

"Sehingga menjadi lemah dan bagian usus di dalam perut menonjol keluar, jadi, sepanjang apa pun tali pusat dipotong akan tetap saja putusnya nanti menjadi pendek, kalau tidak ada kelainan hernia.

"Demikian juga sependek apapun memotongnya, jika ada hernia karena ototnya tidak kuat maka akan menjadi udel bodong atau panjang,” katanya.

Kemudian, anak yang memiliki udel bodong dianggap sebagai anak nakal terbukti tidak ada korelasinya secara langsung, karena udel bodong terjadi akibat adanya kelainan otot.***

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

X