• Rabu, 22 September 2021

Jangan Remehkan Cacingan, Jika Sangat Parah Bisa Menyebabkan Gangguan pada Organ Tubuh yang Vital

- Selasa, 2 Februari 2021 | 22:03 WIB
Ilustrasi cacingan.
Ilustrasi cacingan.



AGROMEDISCacingan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing usus perut atau dalam dunia medis dikenal dengan nama Helminthiasis.

Penyakit infeksi cacingan gejalanya dapat bervariasi, tergantung dengan derajat infeksinya. Dari infeksi ringan, sedang, hingga infeksi berat yang ditentukan oleh banyaknya cacing usus yang menginfeksi.

Jumlah cacing yang sedikit biasanya tidak menimbulkan dampak yang membahayakan. Sebab, gejalanya sangat ringan, bahkan hampir tidak bergejala sehingga tidak dapat dirasakan oleh penderitanya

Dr. dr. Yunita Armiyanti, M.Kes. sebagai pakar Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej) menjelaskan, infeksi cacing yang tergolong sedang hingga berat bisa menimbulkan keluhan maupun gangguan terhadap pencernaan.

Baca Juga: Cara Mudah Mencegah Diare yang Banyak Menyerang di Musim Hujan dan Ketika Terjadi Banjir

“Biasanya terjadi diare, namun tidak terus-menerus. Bisa jadi berseling dengan konstipasi, yakni kesulitan BAB. Umumnya terjadi pada anak-anak karena kemampuan menjaga kebersihan diri masih kurang sehingga mudah terinfeksi," jelas Yunita.

Sebab, kata dia, jalur penularan ini melalui mulut. Tangan anak-anak yang kotor bisa jadi terdapat telur cacing. Cacing ini termasuk golongan parasit yang hidup menumpang pada inangnya untuk menyerap nutrisi.

Anak-anak sebagai inang yang telah terinfeksi cacing, kata dia, akan terganggu masa pertumbuhannya. Sebab, nutrisi yang seharusnya digunakan untuk masa tumbuh kembang mereka dimakan oleh cacing.

Tiga contoh dampak dari infeksi cacing pada anak-anak adalah wajah pucat, anemia, dan kurang gizi.

Baca Juga: Sembelit pada Bayi Baru Lahir, Inilah yang Harus Diperhatikan Bunda

Halaman:

Editor: Hari Setiawan

Tags

Terkini

X