Agromedis Tebar 54 Kilogram Bibit Ikan Lele di Kolam Bioflok

- 2 Maret 2021, 06:08 WIB
Penebaran bibit ikan lele di kolam bioflok agromedis FK Unej.
Penebaran bibit ikan lele di kolam bioflok agromedis FK Unej. /AGROMEDIS/Bagus Hermansyah

AGROMEDIS - Jumat 26 Februari 2021, tim agromedis melakukan kegiatan tebar bibit ikan lele di kolam bioflok Kampung Albumin milik Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK Unej).

Kegiatan ini dihadiri oleh dr. Bagus Hermansyah, M.Biomed., bersama 1 orang perwakilan pihak lembaga amil zakat RIZKI, dan dibantu oleh seorang penjaga kampus yang bertugas sebagai perawat ikan lele.

Menurut Bagus, bibit lele yang disebar didapatkan dari peternak lele di Gumukmas. Jumlahnya sebanyak 54 kg dengan ukuran rata-rata sekitar 8 sampai 10 cm yang dibagi untuk 6 kolam bioflok.

Baca Juga: Kenali Masalah Stunting pada Anak dan Cara Menghadapinya, Berdampak Besar ke Kecerdasan

Ukuran lele tersebut dipilih karena jika menggunakan ikan yang sangat kecil, dikhawatirkan akan banyak bibit yang mati. Apalagi pada kondisi cuaca saat ini yang hujan terus menerus.

Begitu pula dengan masa panen, diharapkan tidak terlalu lama dengan ukuran yang cukup besar itu, dalam 3 bulan biasanya sudah bisa dipanen.

Kolam bioflok ini awalnya adalah bentuk kerjasama Agromedis dengan RIZKI, begitu juga dengan pelatihan, dan penyediaan bibit lele.

Bagus menerangkan, perbedaan kolam biasa dengan kolam bioflok adalah pada kolam bioflok ditambahkan bakteri khusus bertujuan untuk meningkatkan percepatan pertumbuhan ikan. Hasil panennya pun juga akan lebih bagus dibandingan dengan hasil budidaya pada kolam biasa.

Baca Juga: Pemerintah Izinkan Pelaksanaan Vaksin Gotong Royong untuk Penanganan Covid-19

Halaman:

Editor: Hari Setiawan


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X